Diposkan   04 Desember 2022   00:00 WIB   Oleh : Admin   Berita

DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Investasi

DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Investasi dengan tema “Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan”  acara dibuka secara resmi oleh  Presiden Joko Widodo  di The Ritz-Carlton, Jakarta, pad ahari  Rabu, 30 November 2022. Dalam sambutannya, Presiden kembali mengingatkan jajarannya bahwa situasi dunia saat ini tidak mudah akibat berbagai krisis yang melandanya mulai dari krisis energi, krisis pangan, hingga krisis finansial.
Dalam menghadapi situasi yang sulit tersebut, Bapak Presiden mengingatkan agar kita berhati-hati dalam membuat kebijakan, baik kebijakan fiskal maupun moneter. Apalagi, pada tahun 2023 diperkirakan dunia akan mengalami resesi global. Oleh sebab itu, Presiden memandang bahwa saat ini semua negara berlomba- lomba dalam menarik investasi. Semua negara ingin ada capital inflow  atau arus modal masuk, karena kalau enggak ada tambahan arus modal masuk, tidak akan terjadi pertumbuhan ekonomi. 
Terkait dengan hal tersebut, Bapak Presiden kembali mengingatkan jajarannya baik di pusat maupun di daerah agar tidak mempersulit investasi yang akan masuk. Menurut Presiden, saat ini Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari para investor untuk menanamkan investasinya.
Pemerintah juga selalu mempelajari perkembangan investasi di negara lain yang ramai investasinya lewat intelijen ekonomi. Berbagai kebijakan yang bisa mendatangkan investasi lebih banyak turut dipelajari, misalnya adanya pemberian insentif tambahan maupun tax holiday. Diharapkan dalam pelaksanaanya tidak ada lagi yang mengganggu policy /kebijakan yang telah didesain
Di samping itu, Presiden juga mengingatkan agar platform Online Single Submission (OSS) juga dibenahi dan ditingkatkan lagi kemampuannya. Presiden ingin agar platform tersebut bisa cepat melayani investasi agar menjaga kepercayaan para investor.
Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.


Share: